Wisata Pulau Bali

hotel di pulau bali

PULAU BALI & OBYEK WISATANYA

Tujuan wisata terpopuler Indonesia yang terkenal hingga mancanegara menjadikan Pulau Bali sebagai icon pariwisata Indonesia. Memiliki beraneka potensi pariwisata berupa wisata pantai seperti pantai Kuta yang sangat terkenal dengan sunset dan surfing, wisata alam, wisata seni dan budaya, juga wisata belanja seperti kawasan Legian dan Seminyak. Pulau Bali juga dikenal sebagai Pulau Dewata, Pulau Seribu Pura. Bagi para wisatawan, Pulau Bali adalah surga wisata yang tiada duanya.

Wisata Pulau Bali

Pulau Bali

Pulau Bali merupakan destinasi wisata paling populer di Indonesia. Bali memiliki resor terbaik di dunia berpadu dengan pantai-pantai yang menawan yang sangat terkenal keindahannya dengan segala aktifitas dan gemerlap kehidupan malam yang meriah serta pesona alamnya yang tiada tara. Pulau Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Ibu kota provinsinya ialah Denpasar yang terletak di bagian selatan pulau ini. Berbagai penghargaan Internasional khususnya dibidang pariwisata telah diberikan pada Bali diantaranya oleh Majalah Travel and Leisure memilih Bali sebagai World’s Best Island tahun 2009, sementara Lonely Planet’s memilih Bali sebagai peringkat kedua Best of Travel 2010. Oleh karena itu Bali telah menjadi tujuan pariwisata bagi wisatawan lokal dan wisatawan seluruh dunia, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia sebagai jumlah wisatawan terbanyak, kemudian wisatawan dari Taiwan, Eropa, Inggris, Amerika, Singapura dan Malaysia, dll.

Bali juga dikenal dengan sebutan Pulau Dewata, Pulau Seribu Pura, atau Pulau Surga. Karena di samping pantai-pantai Bali yang memang sudah sangat terkenal keindahannya, Bali juga memiliki keindahan alam yang luar biasa dan lengkap, seperti gunung berapi, sawahnya yang bersusun (Terasering Ceking) menghampar hijau memberikan rasa damai dan ketenangan, butiran pasir dan keindahan alam bawah lautnya yang mengagumkan seolah menjadi persembahan keindahan alam yang tiada habisnya, serta keunikan seni budayanya dan berbagai hasil kerajinan tangan yang khas dan fantastis dari para pengrajinnya. Sesuai dengan apa yang disampaikan aktor kenamaan Hollywood, Richard Gere, bahwa masyarakat Bali dianggap tinggal di surga (paradise) yang sangat menyenangkan.

Bali adalah tempat berkumpulnya berbagai wisatawan dari seluruh dunia. Bagi wisatawan asing pantai-pantai yang ada di Bali memiliki ombak-ombak yang terkenal sebagai lokasi surfing untuk berselancar seperti di pantai Kuta, Uluwatu, dan pantai Dreamland. Bagi mereka yang suka dengan hal-hal yang menantang yang memacu adrenalin seperti menyelam, rafting, treking dan lainnya semua juga bisa dilakukan di Bali. Ada banyak lokasi wisata yang sayang apabila dilewatkan ketika Anda berada di Bali. Mulai dari wisata pantai, pegunungan, danau, hutan, kebun binatang, atau desa beserta masyarakat Bali yang pada umumnya masih kuat memegang teguh tradisi peninggalaan nenek moyangnya.

Tempat-tempat yang sering dikunjungi adalah Kuta, Legian, Seminyak, Jimbaran dan Nusa Dua adalah beberapa tempat yang menjadi tujuan utama pariwisata, baik sebagai wisata pantai maupun tempat peristirahatan, spa, golf, dan lain-lain yang terletak terletak di Kabupaten Badung, Nusa Lembongan adalah sebagai salah satu tempat menyelam (diving), terletak di Kabupaten Klungkung, sedangkan Ubud sebagai pusat kesenian dan tempat peristirahatan yang tenang, terletak di Kabupaten Gianyar.

Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Agama lainnya adalah Buddha, Islam, Protestan dan Katolik. Masyarakat Bali yang menganut agama Hindu Bali yang taat, sebagian besar hidupnya didedikasikan dalam upacara adat yang bertujuan untuk memelihara keharmonisan di dunia. Selain dari sektor pariwisata, penduduk Bali juga hidup dari pertanian dan perikanan, yang paling dikenal dunia dari pertanian di Bali ialah sistem Subak. Sebagian juga memilih menjadi seniman. Bahasa yang digunakan di Bali adalah Bahasa Indonesia, Bali dan Inggris khususnya bagi yang bekerja di sektor pariwisata.

Di tengah-tengah pulau Bali terbentang pegunungan yang memanjang dari barat ke timur dan di antara pegunungan tersebut terdapat gugusan gunung berapi yaitu Gunung Batur dan Gunung Agung serta gunung yang tidak berapi, yaitu Gunung Merbuk, Gunung Patas dan Gunung Seraya. Pegunungan tersebut membagi daerah Bali secara geografis menjadi 2 (dua) bagian yaitu Bali Utara dengan dataran rendah yang sempit dan tidak landai sedangkan Bali Selatan dengan dataran rendah yang luas dan landai. Provinsi Bali memiliki 4 (empat) buah danau yang berlokasi di daerah pegunungan, yaitu Danau Beratan atau Bedugul, Buyan, Tamblingan, dan Batur.

Provinsi Bali terbagi atas 8 kabupaten, yaitu Kabupaten Badung, Kabupaten Bangli, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Tabanan, dan 1 kotamadya yaitu Denpasar. Di sekitar pulau Bali terdapat pulau-pulau yang lebih kecil, yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan dan Pulau Serangan.

Budaya

Selain terkenal dengan objek wisata alamnya, Bali juga terkenal dengan wisata Budayanya. Seni musik, seni tari dan ritual upacara adat Bali menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke pulau Bali. Hal ini semakin menambah kekayaan khasanah pariwisata di Bali dan semakin mengukuhkan Bali sebagai salah satu daerah tujuan pariwisata Internasional.

Pada umumnya seni tari Bali dapat dikatagorikan menjadi tiga kelompok, yaitu Wali atau seni tari pertunjukan sakral, Bebali atau seni tari pertunjukan untuk upacara dan juga untuk pengunjung dan Balih-balihan atau seni tari untuk hiburan pengunjung.

I Made Bandem, seorang pakar seni tari Bali pada awal tahun 1980-an menggolongkan tari-tarian Bali tersebut ke dalam kelompok wali misalnya Berutuk, Sang Hyang Dedari, Rejang dan Baris Gede, kelompok Bebali antara lain ialah Gambuh, Topeng Pajegan dan Wayang Wong, sedangkan Balih-balihan antara lain ialah Legong, Parwa, Arja, Prembon dan Joged serta berbagai koreografi tari modern lainnya.

Tarian yang sangat populer bagi para wisatawan hingga ke mancanegara ialah tari Kecak, tari Pendet dan tari Barong. Sekitar tahun 1930-an, Wayan Limbak bekerja sama dengan pelukis Jerman Walter Spies menciptakan tari Kecak berdasarkan tradisi Sang Hyang dan bagian-bagian kisah Ramayana. Wayan Limbak memopulerkan tari ini saat berkeliling dunia bersama rombongan penari Bali-nya.

Transportasi

Menuju Pulau Bali melalui jalur udara dapat dilakukan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Lama penerbangan tergantung lokasi pemberangkatan. Penerbangan dari Jakarta ke Bali sekitar 1,5 jam. Transportasi udara dilayani oleh Bandara Internasional Ngurah Rai dengan destinasi ke sejumlah kota besar di Indonesia, Australia, Singapura, Malaysia, Thailand, RRC, Jepang, dan kota-kota besar dunia lainnya.

Rute lain menuju Bali adalah dengan perjalanan darat. Dari arah barat yaitu melalui pulau Jawa kemudian melewati penyebrangan di pelabuhan Banyuwangi dengan menggunakan kapal feri yang berada di wilayah timur Jawa Timur. Lama penyebrangan sekitar 30 sampai 45 menit dari Banyuwangi ke Ketapang di Bali. Sedangkan penyebrangan dari arah timur melalui pelabuhan Lembar pulau Lombok menuju pelabuhan Padangbai Bali. Dari Bali, Anda bisa melanjutkan perjalanan wisata Anda ke Lombok, di Nusa Tenggara Barat. Dengan menggunakan kapal feri selama 4 jam perjalanan ke pelabuhan Lembar, bila cuaca sedang buruk perjalanan akan memakan waktu yang lebih lama lagi.

Untuk transportasi darat antar pulau di bali ada di terminal Ubung-Denpasar. Terminal Ubung melayani berbagai rute antar pulau tujuan Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Madura, Jember, Lombok, dll. Angkutan antar pulau dilayani oleh armada bus besar dengan kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif. Terminal Ubung relatif ramai mulai pukul 15.00 wita-18.00 wita karena pada jam tersebut banyak bis yang mulai berangkat ke kota tujuan masing-masing. Bagi anda yang berangkat dan datang ke terminal ini harap waspada karena banyak calo yang agak memaksa penumpang.

Di Bali banyak terdapat agen perjalanan yang menyediakan paket-paket wisata Tour and Travel yang menuju ke beberapa tempat wisata populer di sekitar Bali dalam satu paket perjalanan wisata. Bagi anda yang belum terlalu mengenal rute-rute perjalanan wisata di Bali, ini adalah pilihan yang paling tepat. Karena akan menghemat waktu dan biaya perjalanan yang relatif lebih murah terutama bila dilakukan bersama keluarga atau grup perjalanan anda. Setiap agen perjalanan memiliki paket-paket wisata unggulan yang berbeda-beda. Paket perjalanannya bervariasi mulai dari setengah hari, sehari penuh sampai dengan malam hari juga tersedia di hotel-hotel tempat Anda menginap. Anda tinggal memilih mana yang sesuai selera atau paket wisata yang lebih anda sukai. Anda juga dapat menyewa sepeda, motor, atau mobil yang banyak tersedia di Bali bila anda sudah cukup mengenal daerah-daerah wisatanya sehingga anda lebih leluasa mengelilingi daerah wisata di pulau Bali.

Kendaraan umum yang ada di Bali antara lain:
– Dokar, kendaraan yang menggunakan kuda sebagai penarik, di daerah lain dikenal sebagai delman.
– Ojek, bemo/angkot, melayani dalam dan antarkota.
– Bus Trans Sarbagita, Koridor 1: Kota – Garuda Wisnu Kencana (GWK), dan Koridor 2: Nusa Dua – Batubulan.
– Taksi.
– Komotra, bus yang melayani perjalanan ke kawasan pantai Kuta dan sekitarnya.
– Bus, melayani hubungan antarkota, pedesaan, dan antarprovinsi.

Akomodasi

Untuk akomodasi anda tidak perlu khawatir. Bali memiliki fasilitas akomodasi yang sangat banyak di sekitar daerah wisatanya. Bali benar-benar ingin memberikan pelayan terbaik kepada wisatawan dengan kenyamanan, ketenangan, keramahan agar para wisatawan dapat menikmati masa berkunjungnya di pulau Bali menjadi sebuah perjalanan wisata yang indah dan tak terlupakan.

Akomodasi hotel berbintang yang terdapat di kota-kota besar wisata dunia lainnya seperti Sheraton, Westin, dll juga ada di Bali. Hotel menengah maupun hotel melati, vila, cottage akan mudah anda temukan. Kebanyakan hotel berbintang terletak di Kuta, Nusa Dua. Hotel-hotel tersebut biasanya memiliki private spot di pantai-pantai tertentu. Anda dapat menemukan dengan mudah spot populer seperti di Kuta atau Sanur. Jika Anda berada di dataran tinggi yang menenangkan seperti Ubud, lupakan hotel berbintang. Pilihlah penginapan kecil yang berderet di sepanjang jalan Ubud, agar Anda dapat lebih menikmati suasana alamnya.

“Seorang pria berkursi roda pernah menginap di sebuah penginapan kecil di Monkey Forest pada Ubud Readers and Writers Festival tahun 2007. Ia mengalami kesulitan untuk menuruni tangga di bungalownya sehingga festivalnya terlewatkan. Ketika ia kembali pada malam harinya, pemilik penginapan telah membuat jalan khusus untuk menuju bungalownya. Itulah tipikal keramah-tamahan Bali yang membuat para wisatawan merasa seperti di rumah sendiri.”

Kuliner

Banyak pilihan makanan yang ada di pulau ini, dari yang mewah hingga yang sederhana, dari masakan internasional hingga makanan tradisional khas Bali atau masakan daerah indonesia lainnya bertebaran di setiap pelosok daerah di pulau Bali. Semua dapat Anda coba selama berlibur di Bali. Untuk umat Muslim sebaiknya ditanyakan terlebih dahulu kapada pihak penyaji makanan apakah bisa disantap atau halal. Atau bisa juga dengan memperhatikan tanda halal yang biasanya dipasang di depan rumah makan sehingga anda tidak ragu untuk menikmati makanan favorit anda.

Makanan khas Bali yang cukup terkenal misalnya Ayam/Bebek Betutu, Babi Guling, Lawar, dan beragam jenis makanan lainnya yang bisa anda coba ketika berkunjung ke Bali.

Kegiatan Selama Berlibur Di Pulau Bali

Inilah aktifitas-aktifitas yang bisa anda lakukan untuk mengisi liburan selama berada di pulau Bali dan sekaligus menjadi daya tarik Bali sebagai daerah tujuan wisata yang sangat ingin dikunjungi semua turis lokal maupun turis mancanegara disamping pesona alamnya yang memukau. Sehingga pada bulan-bulan tertentu akan membuat pulau Bali menjadi ramai oleh wisatawan yang datang dari seluruh penjuru dunia, dan mungkin akan sedikit susah untuk menikmati beberapa atraksi wisata serta mendapatkan tempat penginapan yang berada di lokasi-lokasi strategis karena penuh atau telah di booking jauh hari sebelumnya.

Tempat melakukan aktifitas-aktifitas ini tersebar di lokasi-lokasi pariwisata di seluruh wilayah Pulau Bali. Jadi anda juga akan mengunjungi lokasi-lokasi pariwisata yang berbeda-beda untuk beberapa atraksi petualangan wisata yang anda lakukan. Misalnya untuk wisata pantai seperti surfing, diving, watersport akan banyak dijumpai di bagian selatan, timur dan utara pulau Bali. Wisata alam dan pegunungan seperti rafting , treking berada di bagian tengah pulau Bali.

Wisata Pantai

pantai kuta bali

Banyak sekali pantai yang indah, menantang dan sangat memukau yang merupakan salah satu tempat wisata populer yang sangat meriah namun juga murah di Pulau Bali. Itulah salah satunya yang membuat Pulau Dewata ini tak kunjung sepi didatangi para turis dari berbagai daerah di nusantara dan mancanegara. Mereka datang dengan berbagai keinginan, ada yang hanya melihat dan memandangi keindahan pantai-pantainya saja, menikmati makanan laut (seafood) di pinggir pantai, berenang, surfing, diving dan lainnya. Karakter pantai-pantai yang ada di Bali memang berbeda-beda dan Anda bisa mengunjungi pantai yang sesuai dengan keinginan Anda.

Di antara pantai di Bali, yang paling terkenal adalah pantai Kuta. Sebuah pantai dengan pasir putih eksotis dan memiliki gelombang yang sangat bagus cocok untuk berselancar, juga sebuah tempat terbaik untuk melihat sunset yang dramatis dan memesona. Di sepanjang pantai ini berderet hotel-hotel, mulai dari hotel bintang lima sampai homestay, restoran, toko, dan kafe. Sementara malam hari kawasan ini menjadi meriah dengan adanya beragam club malam dan bar. Ke sebelah barat Kuta terdapat Legian dan Seminyak yang juga memiliki pantai yang menawan.

Selain pantai Kuta, yaitu pantai Sanur. Pantai ini merupakan obyek wisata pantai di Bali bagian timur. Karena itu, Sanur adalah lokasi yang baik untuk melihat matahari terbit. Lokasinya yang strategis ditambah dengan suasana alam dan nuansa tradisional membuat Sanur menjadi salah satu pantai Bali yang terkenal. Banyak seniman yang menghabiskan waktu di Sanur karena pantai ini juga mempunyai karakteristik yang khas. Terdapat juga jalur sepeda dan jalur jogging, yang terbentang panjang ke daerah Mekarsari. Selain itu, olahraga air seperti menyelam, snorkling dan kano juga dapat dinikmati di pantai Sanur.

Pantai terbaik lainnya yang terdapat di Bali adalah pantai Dreamland. Seperti namanya, pantai ini seperti pantai mimpi. Terletak di kawasan Pecatu Indah Graha, Anda dapat melihat pemandangan yang indah. Pantai Dreamland juga memiliki ombak yang besar, cocok untuk kegiatan berselancar seperti pantai Kuta. Awalnya Dreamland merupakan pantai yang sepi dan tidak terjamah hingga pertengahan tahun 2003, tetapi sekarang pantai ini telah berkembang menjadi salah satu pantai yang terkenal di Bali. Perkembangan yang begitu cepat, sekarang banyak dibangun hotel dan fasilitas wisata.

Pantai terkenal lainnya di Bali, adalah pantai Padang Bai. Pantai Padang Bai memiliki jalan sedikit sulit yang menantang. Anda akan mendapatkan sensasi yang unik ketika memasuki gua dan masuk melewati celah-celah kecil di antara bebatuan. Celah yang begitu kecil, sehingga hanya bisa dimasuki oleh satu orang. Pantai ini juga memiliki daya tarik yang lain daripada pantai lainnya di Bali, yaitu batu-batu dengan ukuran besar yang biasanya digunakan untuk objek foto. Ditambah air laut yang berwarna hijau terang yang sangat eksotis yang dijadikan sebagai tempat untuk foto pernikahan.

Bagi yang ingin menikmati keindahan bawah laut, Anda dapat mengunjungi Pantai Tulamben. Pantai ini terletak di wilayah timur laut pulau Bali. Tulamben sendiri merupakan sebuah desa kecil yang didominasi oleh masyarakatnya yang mempunyai mata pencaharian sebagai nelayan. Menyelam adalah kegiatan yang dilakukan sebagian besar wisatawan yang mengunjungi tempat ini, hampir sekitar seratusan orang yang menyelam di pantai Tulamben setiap harinya.

Apabila Anda lebih memilih menikmati malam yang tenang, pergilah ke Jimbaran, tempat yang terkenal dengan barbeque seafood saat malam hari sambil melihat dari kejauhan pesawat yang mendarat dan take off dari bandara Ngurah Rai. Di sini Terletak hotel-hotel terbaik di Bali seperti Four Season dan Bali Intercontinental hotel. Jimbaran juga terkenal dengan tari Barongnya. Atau kawasan Nusa Dua yang terkenal dengan sarana water sportnya serta pantai-pantai yang lebih tenang dan hotel-hotel mewah yang eksklusif.

Wisata Alam Dan Pegunungan

wisata alam pulau bali

Berbagai atraksi petualangan wisata alam dan pegunungan juga menjadi daya tarik utama pariwisata pulau Bali. Mulai dari Arung Jeram (Rafting), Trekking, Cycling, Golf,  dan banyak lagi kegiatan wisata yang akan membawa anda berpetualang melintasi alam Bali dengan tingkat kesulitan jelajah yang berbeda-beda serta  menantang dan pasti akan memberikan sensasi yang luar biasa.

Aktifitas Arung Jeram di pulau Bali akan mengajak Anda untuk memompa adrenalin dengan menuruni Sungai Ayung yang spektakuler di Ubud. Di sini Anda juga bisa bermain bungy jumping dari atas tebing yang tinggi hingga hampir menyentuh sungai. Bila ingin petualangan yang lebih menantang untuk arung jeram ada di Sungai Melangit dan Sungai Telaga Waja.

Trekking, hiking, napak tilas atau wisata jalan kaki, menjadi kegiatan petualangan yang sangat menarik yang juga untuk lebih mendekatkan diri dengan alam dan lingkungan sekitar, khususnya alam pedesaan dan hutan di Bali. Kegiatan berwisata sambil tetap menjaga kebugaran tubuh ini tidak memerlukan suatu alat khusus, murah dan dapat dilakukan oleh semua orang. Rute trekking gunung Batur atau pendakian ke gunung Agung bisa menjadi pilihan bagi anda.

Setelah seharian menguras tenaga maka perlu istirahat sejenak agar fresh kembali sebelum kembali ke hotel atau saat malam hari dalam dinginnya udara pegunungan, kita bisa relax sambil berendam air panas di Toya Bungkah di balut suasana tenang dan damainya Kintamani.

Wisata petualangan Cycling atau bersepeda sekaligus kegiatan olah raga untuk mengenal lebih jauh keanekaragaman pesona alam Bali dan kehidupan masyarakat di Bali. Di Bali kegiatan ini telah dijadikan salah satu wisata petualangan yang dikemas secara apik menjadi sebuah kegiatan opsional yang menarik. Didukung dengan perlengkapan dan peralatan berstandar internasional, dengan tingkat keamanan tinggi serta layanan pemandu cycling yang berpengalaman, aktivitas cycling / bersepeda ini dapat dijadikan salah satu pilihan wisata alternative untuk mengisi acara liburan di Bali. Jika Anda senang bersepeda, Ubud dan sekelilingnya adalah kota yang indah untuk bersepeda, seperti dalam film “Eat, Pray, Love”. Ada juga jalan setapak untuk bersepeda di Uluwatu bagian selatan.

Petualangan lainnya yang unik yaitu Elephant Safari (Safari Gajah), merupakan salah satu yang sangat digemari di Bali dan tidak dimiliki oleh semua daerah tujuan wisata lainnya di Indonesia. Anda juga bisa merasakan sensasi lain menunggang kuda (Horse Riding) berkeliling pantai, juga alam hijau Bali di sepanjang pasir vulkanik dan ombak Saba Beach. Atau Safari Unta (Camel Safari) selama 1 jam perjalan sambil menikmati deburan ombak dan pemandangan di pesisir pantai Nusa Dua.

Atau melakukan wisata bersama keluarga mengunjungi Bali Bird Park, yang memiliki koleksi sekitar 1.000 satwa jenis unggas. Kemudian ke tempat liburan buat anak-anak paling seru di Bali, apalagi kalau bukan di Waterbom Bali yang berada Kuta.

Wisata Alam di Bali memang tak ada habis-habisnya untuk dikunjungi, dan masih banyak lagi petualangan menarik lainnya yang bisa anda jumpai di sini.

Wisata Budaya

wisata budaya pulau bali

Di Bali, tari dan drama adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari peribadatan di pura dan perayaan, yang diselenggarakan secara sakral. Setiap desa memiliki tanggal perayaan yang berbeda, pertunjukan tari dapat dilihat di mana-mana. Desa- desa di Bali menawarkan pertunjukan kebudayaan yang ditujukan bagi para wisatawan.

Tari Barong diadakan pada pagi hari di desa Batubulan. Ini adalah cerita abadi pertarungan antara kebaikan dan kejahatan.Tari kecak dipentaskan dengan lebih dramatik di lapangan terbuka di Pura Tanah Lot dengan latar belakang matahari yang perlahan-lahan turun ke laut dari cakrawala di pura indah ini. Tari Kecak menuturkan cerita Ramayana yaitu cerita istri Rama, Sinta yang diculik Rahwana. Saat matahari terbenam dan mulai gelap, arena ini secara dramatis diterangi oleh cahaya obor. Tari lain yang menarik adalah Baris (tarian ksatria) dan Tari Topeng, ini adalah pertunjukan solo yang mengekspresikan karakter dan emosi manusia.

Pulau Bali memiliki banyak pura-pura tua bersejarah yang berusia ratusan tahun. Oleh karna itu Bali juga dikenal dengan sebutan Pulau Seribu Pura. Selama berlibur di Bali kita bisa berkunjung ke pura-pura yang berarsitektur khas, unik dan indah ini. Pura yang sangat terkenal ialah pura Besakih, selain itu ada pura Ulun Danu Bedugul,dan lain-lain.

Wisata Belanja

belanja suvenir khas bali

Saat berlibur tentunya juga merupakan momen yang menyenangkan untuk berbelanja, mencari barang-barang khas daerah wisata tersebut, baik untuk keperluan pribadi atau sebagai souvenir buat keluarga, sahabat, rekan bisnis atau seseorang yang special mungkin. Bali adalah pulau yang menghasilkan seniman dan perajin terbaik, dimana kreatifitas mengalir dari setiap desa. Pelukis, pengukir kayu, dan penari adalah ahlinya di sini, dengan tradisi artistik yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Cenderamata atau oleh-oleh yang dapat Anda beli di Bali berupa lukisan, bisa diperoleh di galer-galeri di Ubud yang merupakan hasil karya seni para seniman lokal disana. Lukisan Bali cocok dibingkai dengan kayu berukir. Untuk ukiran kayu yang terbaik, pergilah ke desa Mas tempat master pengukir kayu berkarya. Jika Anda mencari perhiasan emas dan perak, dapat anda peroleh di desa Celuk.

Anda juga bisa mencari cenderamata khas Bali yang unik untuk dibawa pulang. Salah satu tempat untuk belanja suvenir adalah pasar Sukowati, dimana Anda akan kewalahan dengan begitu banyaknya pilihan di sana. Jika Anda ingin membeli pakaian kasual dan modis pada hari yang panas, tempatnya ialah di Kuta, dimana terdapat banyak toko dan butik menjual berbagai macam kaos, pakaian berselancar, sandal jepit sampai pernak-pernik unik.

Anda ingin wisata belanja yang lain? Seminyak adalah tempat yang tepat. Seminyak selain terkenal dengan pantai yang indah juga merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbaik dan terkenal di Bali. Daerah Seminyak juga sangat dekat dengan pantai Kuta. Barang-barang yang dijual di daerah ini  yaitu mulai dari produk lokal Bali sampai produk import dengan merek terkenal. Kawasan perbelanjaan Seminyak Bali terletak di daerah dekat pantai Seminyak. Lokasi ini sangat strategis karena tepat di jantung daerah wisata. Anda akan bertemu banyak toko-toko di sepanjang jalan ke pantai Seminyak.Barang yang dijual di seminyak sangat beragam seperti kemeja, celana, gaun, scarf, batik, bikini atau lainnya yang modis dan dinamis.