Tirta Yatra Bali Barat ( Pura Menjangan – Pulaki – Melanting )

TIRTA YATRA BALI BARAT

1 MALAM / 2  HARI

Om Swastyastu

Para Umat Hindu Sedharma  yang kebanyakan tinggal di Luar Bali besar Harapan kami untuk menjembatani Perjalanan atau Yatra Umat Sedharma ke Bali Barat . Umat Hindu di Bali meyakini Selain memohon Waranugraha Keselamatan juga bagi Para Pedagang bisa Pedek Tangkil ke Pura Umum yang terletak di Bali Barat sambil menyaksikan juga Hewan    Menjangan di Habitatnya.

Dumogi Ida Sang Hyang Widi Wasa menyertai Peserta Sinamian

Om Santhi Santhi Santhi Om

PAKET HOUMA YATRA  sbb:

Pura RAMBUT SIWI

Pura MELANTING

Pura PULAKI

Pura MENJANGAN

 

HARI  PERTAMA

Berangkat pukul 7.00pagi menuju PURA PUSERAN JAGAT MELANTING untuk melakukan Tirta Yattra (persembahyangan bersama). Pemedek diharapkan membawa sarana persembahyangan seperti ;Pejati ,Wangi/Dupa,Canang Sari dll. Bersembahyang bersama yang dipimpin oleh Jro Pemangku setempat .Makan siang di area parkir pura .Setelah Pedek tangkil ke Pura Melanting melanjutkan persembahyangan menuju Pura MENJANGAN untuk melakukan Penyeberangan dengan Perahu yang ada di Lokasi setempat. Setelah tiba di Pulau MENJANGAN kemudian berangkat menuju Pura Menjangan yang tidak terlalu jauh dari Pelabuhan . Suasana Alam sekitar Pura yang masih merupakan kawasan Hutan ini sangat Alami dengan Flora & Fauna yang masih dilindungi oleh Pemerintah. Satwa langka yang hidup di kawasan ini yaitu Kijang yang dalam bahasa Balinya disebut Menjangan.
Memasuki Areal Pura Menjangan akan melihat Flora Alam dan tatanan bangunan Pura yang sangat unik dan bernuansa Alam dengan Vibrasi yang sagat menyentuh dengan Nuansa Sepiritual yang sangat tinggi . Kemudian melakukan persiapan untuk Persembahyangan /Tirta Yattra yang dipimpin langsung oleh Pemangku Pura setempat. Di Pura ini Pemedek akan Terinspirasi karena Pura ini sebagai simbulisasiPEMERSATU NUSANTARA . Di dalam Pura ini terdapat Pelinggih Maha Patih GAJAH MADA yang dikenal dengan Maha Patih yang Jasanya sebagai Pemersatu Nusantara dan Pelinggih Kebesaran Raja BALI IDA DALEM WATU RENGGONG . Beliau adalah Raja Bali yang juga sebagai Pemersatu Kerajaan~yang ada di Wilayah Bali. Bersembahyang bersama~sama di Pura BUDDHA (IDA RATU GEDE SHUBANDAR ) bersama IDA BHATARA DEWI KWAN IM dengan Prabawanya sebagai Dewi Kemakmuran.

HARI KEDUA.

Setelah makan pagi , melakukan persiapan untuk keberangkatan pulang peserta mohon diri/mepamit dari pura Menjangan menuju Pelabuhan dan acara Tirta Yattra berakhir dengan mengambil Makan Pagi di Areal setempat,Kemudian meneruskan Perjalanan untuk pulang.